Sunday, December 6, 2009

Biar start up windows anda cepat

Bagaimana Cara - membuat loading Windows XP lebih cepat
Mudah saja untuk membuat loading Windows XP lebih cepat dari biasanya, tentu perbandingannya dengan komputer atau laptop Anda donk, masa dengan komputer saya. Mau dengan cara apa nih? Soalnya banyak trik untuk membuat boot Windows XP menjadi lebih mudah masuk. Sebaiknya saya perjelas dulu saja yang harus diperhatikan. Anda ingin pas masuk Windows XP itu programnya berjalan dengan cepat, Windows Explorer cepat keluar ketika tombol Start di klik kanan dan Explore, dan Anda tidak ingin berlama-lama menunggu System Tray keluar semuanya, begitu kan maksud Anda? Jika ya maka silakan lanjutkan membaca.

Saya perlihatkan dulu apa yang disebut dengan System Tray pada Windows XP Operating System. Inilah yang disebut dengan System Tray.
system tray


Biasanya kalau komputer atau laptop Anda memiliki banyak icon dalam System Tray maka proses loading akan benar-benar lambat, oleh karena itu ada trik untuk membuatnya berjalan lebih cepat dari yang Anda alami sekarang. Pertama-tama Anda harus memikirkan berbagai hal di antaranya:

  • Program yang tidak penting untuk digunakan
  • Program yang paling penting dalam Windows Anda
  • Apakah Anda benar-benar membutuhkan Anti-Virus?
  • Apakah Anda ingin komputer atau laptop Anda sehat kembali? Dengan kata lain, berada dalam kondisi yang Anda inginkan? Jika ya maka lanjutkan!
Oke jika Anda siap maka Anda harus melakukan hal ini. Klik Start –>Run,
system tray
Lalu ketikkan msconfig lalu akan muncul sebuah jendela kecil dihadapan Anda, jangan bingung biasa aja. Klik Tab Startup.
system tray
Anda akan melihat sederetan baris dengan filepath beserta kotak centang di situ. Di sini Anda akan belajar untuk mengidentifikasi program mana yang sebaiknya Anda matikan, inilah mengapa tadi saya suruh Anda untuk memikirkan berbagai hal di atas. Setelah tahu mana program yang harus dimatikan maka silakan diklik tanda centang atau checkbox seperti yang terlihat pada gambar
system tray
Pada kasus ini saya mematikan Launch Application pada Startup Item filepath: D:\Program Files\Nokia\.
system tray
Lihat saya mengkliknya, maka ini akan membuat kotak menjadi tidak tercentang lagi, coba saja kalau tidak percaya :cool: hauahauahu
system tray
Pada kasus Anda mungkin lain, bisa saja jika Anda menginstal Anti-Virus dan ingin mematikannya maka Anda harus mengklik kotak centang yang memiliki filepath misalnya D:\Program Files\Norton\ atau yang lain tergantung dari Anti-Virus apa yang Anda pakai. Anda juga bisa coba untuk mengklik kotak centang sampai semua Startup Item-nya untuk sekedar tes saja apakah dengan cara ini akan membawa perubahan besar atau tidak, tapi 100% pasti ada perubahan. Oh iya kenapa saya contohkan Anti-Virus di sini dikarenakan Anti-Virus merupakan program yang memakan banyak memori dan kerja prosesor. Perbedaan kecepatan pasti akan sangat terlihat jika mematikan Anti-Virus, ya supaya untuk membuktikan saja sih bahwa cara ini bisa membuat loading Windows XP lebih cepat.
Oke setelah Anda selesai mengkonfigurasikan maka Anda tinggal menekan tombol OK dan bersiap untuk restart
system tray
Maka klik restart ketika muncul kotak seperti ini
system tray
Setelah itu maka tunggulah sampai Windows Anda restart dan lihatlah perbedaan kecepatannya.

Sumber : http://aprillins.com/membuat-loading-windows-xp-lebih-cepat

No comments:

Post a Comment