Friday, January 22, 2010

Nokia Gratiskan Layanan GPS, Google Tertantang

Helsinki - Nokia membuat gebrakan dengan menawarkan peta dan layanan navigasi GPS yang sepenuhnya gratis untuk para pemakai smartphonenya. Langkah produsen ponsel terbesar dunia ini membuat para pemain industri GPS tertekan. Google juga kena imbasnya.

"Kami menawarkan navigasi untuk mobil dan pejalan kaki di 74 negara, dalam 46 bahasa. Ovi Maps benar-benar digratiskan," ujar Jukka Husio, direktur layanan marketing Nokia di Helsinki, seperti detikINET kutip dari AFP, Jumat (22/1/2010).

Versi baru Ovi Maps yang sudah bisa diunduh di website Nokia ini, menyediakan fitur navigasi lengkap seperti panduan suara untuk mengemudi, peta 180 negara, arah jalan dan konten dari partner terkemuka seperti Lonely Planet dan Time Out. Semua tersedia tanpa biaya di handset Nokia N97 mini, N97, 5800, E72, X6, E55, E52, 6730 Classic, 6710 Navigator dan 5320.

Pelaku industri navigasi seperti Tom Tom dan Garmin diperkirakan terimbas oleh inisiatif Nokia itu. Padahal prediksi iSupply sudah menyatakan bahwa pasar GPS cenderung akan turun. Nokia juga seakan menantang Google yang tengah giat mengembangkan navigasi gratis untuk handset Android, misalnya di Motorola Droid.

Bagi Nokia sendiri, langkah tersebut tentu saja untuk meningkatkan posisinya di pasar smartphone global. Beberapa waktu belakangan, Nokia memang kehilangan pangsa pasar yang direbut iPhone dan BlackBerry.

"Saya kira Nokia berpikir bisa menghentikan penurunan di pasar smartphone dengan langkah itu. Layanan ini memang berguna dan mungkin menarik peminat karena digratiskan. Namun saya tidak tahu apakah akan cukup untuk menghentikan penurunan pangsa pasar Nokia," ujar analis Michael Schroeder dari FIM. ( fyk / faw )
sumber : detik[dot]com

No comments:

Post a Comment